Logo Dharmasraya Ekspres

 

Kupon: a-Weekend

 

 

Home » Pendidikan » Samudera Al-Fatihah Islamic Leadership Boarding School Tingkat SMP Khusus Putra

Kamis, 13 Februari 2020 14:45 WIB

Samudera Al-Fatihah Islamic Leadership Boarding School Tingkat SMP Khusus Putra

Samudera Al-Fatihah Islamic Leadership Boarding School Tingkat SMP Khusus Putra

Pesantren SAILBoS

Dharmasraya - Pesantren baru di Dharmasraya. Berawal dari keinginan mewujudkan Dharmasraya Madani, Abuya Irfan Rahman, Lc telah banyak berkiprah dalam dunia pendidikan dan agama.

3 Usahanya dimulai pada tahun 2013 dengan mendirikan Rumah Tahfizh Pertama di Dharmasraya, yang diberi nama dengan Rumah Tahfizh Al-Fatihah. Rumah Tahfizh ini sudah mempunyai 5 cabang yang tersebar di Kabupaten Dharmasraya. Tak sampai disitu, pada tahun 2014 bersama Alumni al-Azhar lainnya ia mendirikan sebuah madrasah yang mempunyai Program Unggulan Menghafal Al-Qur’an One Year One Juz. Madrasah itu bernama MI Al-Azhar.

Pada tahun 2017 ia membuat terobosan baru, beliau bersama sang Isteri mengukir kembali sejarah baru di dunia pendidikan Dharmasraya. Dengan mendirikan Sekolah Alam yang diberi nama dengan Sekolah Alam Dharmasaraya. Sekolah Alam Pertama di Dharmasaraya.

Diawal berdirinya, Sekolah Alam itu hanya ada ditingkat Sekolah dasar (SD), maka diberilah nama SD-nya dengan nama dengan Sekolah Dasar Islam Terpadu Alam Samudera Al-Fatihah yang disingkat dengan SDIT ASA.

Pada Tahun 2020 ini, Pemuda jebolan Universitas Al-Azhar Mesir ini kembali menebar kebermanfaatan dalam bidang Agama dan Pendidikan Dharmasraya dengan mendirikan Pesantren SAILBoS untuk tingkat SMP. Dengan konsep meniru Tradisi Pendidikan Ala Rasulullah yang berfokus pada pengembangan potensi santri menjadikan Pesantren SAILBoS ini tergolong unik dan modern.

Pesantren SAILBoS yang dikhususkan untuk Putra ini sengaja diramu untuk mengkader ‘Ulama untuk masa depan. Selain mempelajari Al-Qur’an (Ayat-ayat Qouliyah) Pesantren SAILBoS juga fokus mempelajari Ayat-Ayat Kauniyah (Alam) dengan kurikulum BBA (Belajar Bersama Alam). Untuk menjamin keberhasilan kurikulum Akhlaq dan Mental, Pesantren SAILBoS menerapkan sistem mentoring (Talaqy) dengan Rumus 1+10 = 24 artinya kapasitas 1 Guru/Mursyid untuk 10 Santri dibimbing selama 24 Jam.

Dengan sistem ini diharapkan semua kebutuhan siswa terperhatikan dan terpenuhi.
Untuk pengembangan potensi santri, Pesantren SAILBoS menggunakan Tools Talents Mapping. Santri diarahkan dan diberikan stimulus dengan Rumus 3B + 4E. 3 B artinya para santri diberikan Beragam Beraktifitas, Bertemu Banyak Orang dan Berulang-ulang. Kegiatan kegiatan tersebut dicari mana yang 4E santrinya. Apa itu 4E? 4E adalah Enjoy, Easy, Excellent dan Earn.
Diharapkan dengan kurikulum SAILBoS para santri menjadi Qurrotul A’yun (Penyejuk Mata) bagi keluarganya dan menjadi Pemimpin bagi orang-orang yang bertaqwa sesuai kandungan Al_Qur’an Surah Al-Furqon : 74.

Bagi Anda yang tertarik menyekolahkan anaknya di Pesantren ini, silahkan datang langsung ke lokasinya yang berada di Jorong Lambau – Nagari Sungai Kambut – Kecamatan Pulau Punjung – Kabupaten Dharmasraya.(ist)

Kupon: a-Weekend
Indeks +

Berita Lainnya

Jumat, 17 April 2020 19:14 WIB

Bupati Vidcon dengan Kepala Sekolah