Logo Dharmasraya Ekspres

 

Kupon: a-Weekend

 

 

Home » Lintas kecamatan » Dorong Perda MHA, Undhari Siap Berkalaborasi dengan Masyarakat Sipil

Kamis, 27 Februari 2020 23:27 WIB

Dorong Perda MHA, Undhari Siap Berkalaborasi dengan Masyarakat Sipil

Dorong Perda MHA, Undhari Siap Berkalaborasi dengan Masyarakat Sipil
Foto bersama setelah melakukan focus group discussion

DHARMASRAYA – Untuk mendorong Peraturan Daerah (Perda) Masyarakat Hukum Adat (MHA), Lembaga Penyelamat Tanah Adat (LPTA) Sumatera Barat menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Kedaulatan Adat, Kesejahteraan Ekonomi Anak Kemenakan dan Keadilan Sosial Adat bersama beberapa unsur masyarakat dari kalangan akademi, LSM, Pers dan mahasiswa.

“Kegiatan FGD ini dilaksanakan sebagai salah satu langkah mendorong lahirnya peraturan daerah masyarakat hukum adat yang ada di Kabupaten Dharmasraya,”ungkap Ketua LPTA Sumatera Barat Muhammad Samin disela-sela kegiatan FGD berlangsung.

Dikatakan Samin, pihaknya menampung ide dan saran dari beberapa penggiat masyarakat adat yang kemudian dari hasil diskusi ini dijadikan draf untuk kemudian didiskusikan dalam skala besar dengan mengadakan seminar nasional dengan mengundang seluruh pemangku adat yang ada di Nagari nagari dan ninik mamak se Kabupaten Dharmasraya dan membahas tentang  masyarakat hukum adat.

 “Alhamdulillah civitas akademika Universitas Dharmas Indonesia (Undhari) menyambut baik kegiatan ini dan siap untuk berkalaborasi dan menjadi fasilitator dalam seminar nasional ini nanti yang akan mengundang seluruh unsur masyarakat adat dan akan mendatangkan pembicara yang ahli dibidang adat, agraria dan masyarakat hukum adat,”tegasnya.

Selanjutnya, kata Samin, hasil diskusi dan seminar nanti, pihaknya akan menyiapkan draf kemudian mendorong pemerintah untuk mewujudkan peraturan daerah tentang masyarakat hukum adat. “Hasil diskusi dan seminar ini nanti akan dirumuskan oleh tim yang kemudian kita diskusikan dengan pemerintah dan mendorong terbitnya peraturan daerah tentang masyarakat hukum adat untuk Kabupaten Dharmasraya,”tandasnya.

Wakil Rektor Universitas Dharmas Indonesia (UNDHARI),  Dr. Amar Salahudin disela sela FGD menyambut baik diskusi mengenai masyarakat hukum adat ini dan siap menjadi pelopor serta mendorong terwujudnya seminar nasional yang nanti sebagai cikal bakal dalam menyusun draf untuk rancangan peraturan daerah masyarakat hukum adat. (de)  

 

 

 

Tag : #Masyarakat Hukum Adat

Kupon: a-Weekend
Indeks +

Berita Lainnya

Rabu, 11 Maret 2020 17:19 WIB

Bupati Sambut Kunjungan Kerja Danrem 032 Wirabraja

 

Senin, 09 Maret 2020 18:26 WIB

Pengurus HKTI Dharmasraya Dikukuhkan

 

Minggu, 08 Maret 2020 11:30 WIB

Wabup RJM Ingatkan Masyarakat Tetap Kompak dan Bersatu

 

Video

Rabu, 07 Februari 2018 08:09 WIB

Ini dia Video Lengkap Presiden di Dharmasraya

 

 

Foto

Jumat, 09 Februari 2018 06:44 WIB

Kegiatan Presiden di HPN Sumbar tanhun 2018

 

Kamis, 08 Februari 2018 10:55 WIB

Kegiatan Presiden di Sumbar