Logo Dharmasraya Ekspres

 

Kupon: a-Weekend

 

 

Home » Lintas kecamatan » Bupati Sambut Kunjungan Kerja Danrem 032 Wirabraja

Rabu, 11 Maret 2020 17:19 WIB

Bupati Sambut Kunjungan Kerja Danrem 032 Wirabraja

Bupati Sambut Kunjungan Kerja Danrem 032 Wirabraja

Tinjau Denfarm Padi M70D

Dharmasraya - Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, menerima kunjungan kerja Danrem 032 Wirabraja, Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P, Selasa (10/03/20). Setelah dijamu di kediamannya, Bupati Sutan Riska yang juga bersama Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya, Paryanto dan sejumlah pejabat Pemkab lainnya mendampingi Danrem untuk mengunjungi petani di Jorong Piruko Utara Nagari Sitiung Kecamatan Sitiung.

Kedatangan Danrem ini juga sekaligus untuk melihat langsung Demonstrasi Farming (Denfarm) seluas 10 hektar padi M70D, yang tengah dilakukan di persawahan Jorong Piruko Utara Nagari Sitiung Kecamatan Sitiung, tepatnya di hamparan Kelompok Tani Handayani II.

Seperti diketahui, pasca kunjungan Kepala Staf Kepresidenan RI, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, yang juga adalah Ketua HKTI pusat, beberapa waktu lalu, Dharmasraya mendapatkan bantuan bibit padi varietas unggul jenis M70D, untuk diuji coba tanam di persawahan Dharmasraya.

Padi M70D atau yang lebih akrab dengan sebutan padi “Moeldoko” ini merupakan padi varietas baru yang pertama kali ditanam di Sumatera Barat. Padi ini dikatakan unggul, karena mempunyai usia panen yang cukup singkat, hanya sekitar 70 hari, dengan produktivitas yang juga cukup tinggi, bisa mencapai 9,8 - 12 ton perhektar.

Jika ujicoba ini berhasil, padi varietas M70D ini akan dikembangkan di persawahan Dharmasraya, untuk meningkatkan produksi padi dalam rangka mewujudkan Dharmasraya yang mandiri pangan.

Bupati pada kesempatan itu, mengaku senang atas kunjungan Danrem 032 Wirabraja ke Dharmasraya. Sebab tidak sekedar berkunjung, pada kesempatan itu Danrem juga berbagi wawasan, pengalaman, kiat-kiat, motivasi serta saran kepada para petani untuk bagaimana sektor pertanian di Kabupaten Dharmasraya bisa lebih maju lagi kedepannya.

"Kehadiran kita bersama di persawahan ini merupakan langkah penting untuk bagaimana potensi pertanian di Dharmasraya bisa lebih meningkat lagi. Kita harus mandiri, sebagaimana visi kita untuk mewujudkan Dharmasraya yang Mandiri dan Berbudaya. Dan di sektor pangan, inilah salah satu upaya yang kita lakukan," tandas bupati.(ist)

Kupon: a-Weekend
Indeks +

Berita Lainnya

Senin, 09 Maret 2020 18:26 WIB

Pengurus HKTI Dharmasraya Dikukuhkan

 

Minggu, 08 Maret 2020 11:30 WIB

Wabup RJM Ingatkan Masyarakat Tetap Kompak dan Bersatu

 

Video

Rabu, 07 Februari 2018 08:09 WIB

Ini dia Video Lengkap Presiden di Dharmasraya

 

 

Foto

Jumat, 09 Februari 2018 06:44 WIB

Kegiatan Presiden di HPN Sumbar tanhun 2018

 

Kamis, 08 Februari 2018 10:55 WIB

Kegiatan Presiden di Sumbar